Tuesday, September 14, 2010

Tips Mengatasi Rasa Lelah

Bagaimana mengatasi rasa lelah berlebih yang dirasakan hampir sepanjang hari? Seseorang memang dapat merasa kelelahan dalam menjalani rutinitas hariannya, tidak peduli seberapa lama dia tidur/ beristirahat. Apakah ada langkah sehat yang dapat diambil untuk mengatasi rasa lelah berlebih, tanpa melibatkan kopi atau unsur kafein sebagai penambah semangat?
Perlu diketahui bahwa rasa lelah kebanyakan diakibatkan karena kekurangan cairan (dehidrasi). Oleh karena itu, para ahli kesehatan selalu menyarankan agar Anda mengkonsumsi air sedikitnya 2 liter per hari (lebih bagi yang melakukan kegiatan olah raga).

Terlalu banyak mengkonsumsi gula dan makanan berlemak juga dapat membuat seseorang mudah lelah dan mengantuk. Sebagai gantinya, Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan berserat, buah-buahan, dan sayuran segar.

Selain itu, kurangnya olah raga juga ikut bertanggung jawab terhadap kelelahan yang Anda rasakan. Orang yang rajin/ rutin berolah raga memiliki stamina yang lebih prima dan metabolisme tubuhnya juga lebih baik dibanding orang yang kurang gerak.

Saran yang terakhir adalah memulai hari dengan optimisme. Semangat Anda di pagi hari sangat menentukan emosi Anda pada sepanjang hari. Jika Anda memulai hari yang baru dengan semangat yang positif, maka Anda akan menjalani hari itu dengan maksimal. Oleh karena itu, jagalah hatimu!


via kapanlagi.com
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Tips Mengatasi Rasa Lelah"

Post a Comment