Wednesday, February 3, 2010

Persebaran Flora da Fauna di Permukaan Bumi

Persebaran Flora dan Fauna di permukaan bumi dipengaruhi beberapa factor. Antara lain iklim (klimatis), tanah, ketinggian tempat dan bentuk lahan (fisiografis) serta makhluk hidup yang lain (Biotis).

I. Pengertian Flora dan Fauna
Flora adalah dunia tumbuhan yang terdapat di muka bumi baik tumbuhan besar, seperti pohon, semak belukar dan mikroflora seperti jamur.
Fauna adalah dunia hewan atau binatang yang hidup di muka bumi, baik di darat mapun di muka laut.

A). Jenis dan Persebaran Flora di Dunia
Persebaran flora didunia dapat diketahui berdasarkan ekosistem. Ekosistem daratan utama di permukaan secara horizontal ( dari ekuator ke kutub ). Berdasarkan kondisi iklim dibedakan menjadi 4 macam, yaitu ekosistem tropika, ekosistem daerah sedang, ekosistem taiga, ekosistem tundra.

1. Ekosistem Tropika
Ekosistem tropika memiliki 3 tipe, yaitu hutan hujan tropis, hutan musim dan sabana tropika.
  • Hutan Hujan Tropis
    Hutan hujan tropis adalah hutan yang berada didaerah tropis dengan ciri hujan sepanjang tahun. Suhu dan kelembaban udara selalu tinggi, serta vegetasinya berupa pohon-pohon yang tinggi disertai semak belukar dan tumbuhan merambat. Pada hutan ini produksi serasah organik tinggi. Persebaran hutan ini, antara lain di negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Brasil, Karibia, Kolumbia, India, Sri Lanka, Afrika timur, Afrika barat dan Malagasi.
  • Hutan Musim
    Hutan musim berada di sebelah-menyebelah ekuator dengan ciri perbedaan antara musim penghujan dan musim kemarau. Sangat jelas vegetasinya menggugurkan daun pada musim kemarau. Persebaran hutan ini, antara lin di negara Indonesia, Australia utara, Myanmar, Vietnam, Laos, Kampuehea, India serta di tepi hutan hujan tropis di Amerika tengah dan Amerika selatan.
  • Sabana Tropika
    Sabana tropika ditandai dengan komunitas padang rumput dan tumbuh pohon kecil serta semak-semak yang tumbuh menyebar tidak merata.

2. Ekosistem Taiga
Ekosistem ini didominasi oleh hutan dengan jenis pohon konifer dan pinus yang dapat hidup pada suhu dingin yang ekstrem penyebarannya antara lain meliputi Eropa-Asia dan Amerika Utara.

3. Ekosistem Tundra
Ekositem ini tanpa pepohonan dan berada diwilayah Artik yang dingin dan kering vegetasi utama adalah lumut yang tumbuh di musin panas.

B). Jenis dan Persebaran Fauna di Indonesia
Menurut Alfred Rused Wallace, permukaan bumi dapat menjadi enam kawasan fauna. Keenam kawasan tersebut adalah kawasan Ethiopia, Palearktik, Oriental, Neotropik, Nearktik, dan Australia.

1. Ethiopia
Kelompok fauna yang hidup di afrika dan merupakan ciri khas fauna di afrika. Contohnya, Jerapah, Gorila, Gajah Afrika dan Zebra (berasal dari kongo).

2. Palearktik
Klompok fauna yang hidup di Eropa serta Asia barat daya, Asia Tengah, dan Asia Utara. Contohnya, Rusa dan Beaver.

3. Oriental
Kelompok fauna yang menempati Kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara serta berciri khas Asia selatan dan Asia tenggara. Contohnya, Gajah (dari India), Badak, Harimau, Tarsier, dan Merak (dari Indonesia).

4. Neotropik
Jenis fauna yang mempunyai cirri khas dan menempati suatu daerah di Amerika Selatan. Pada akhir zaman tersier kawasan ini berhubungan dengan amerika utara sehingga banyak hewan yang berimigrasi ke Amerika Utara. Jenis fauna di kawasan ini antara lain Kukang, Tapir, dan Teringgiling.

5. Nearktik
Kelompok jenis fauna yang mempunyai ciri khas Amerika Utara. Contohnya, Bison (Amerika serikat dan Kanada), Rerdeer (Kanada), dan Pelikan (Pantai utara Kanada).

6. Australia
Kelompok jenis fauna yang berasal dari Australia dan mempunyai ciri khas Australia. Contohnya, Kangguru, Cendrawasih, dan Platyphus.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Persebaran Flora da Fauna di Permukaan Bumi"

Post a Comment