Saturday, January 23, 2010

Narkotika

Zaman sekarang banyak orang yang memakai narkotika. Mereka tidak tahu bahwa narkotika obat yang sangat berbahaya. Banyak kasus-kasus kriminalitas karena si pelaku menggunakan narkotika. Pengedar narkotika mengederkan narkotika kepada para remaja hingga anak-anak. Alasan mereka mengedarkan narkotika adalah karena kesulitan ekonomi yang mereka alami. Narkotika di Indonesia semakin merajalela pemakainya dari lapisan bawah hingga atas. Pelaku dan pemakai sulit untuk ditangkap. Narkotika melalui jaringan Internasionalsangat marak, barang itu (narkotika) di selundupkan melalui bandara, pelabuhan tanpa diketahui petugas yang berwajib. Bagimana asal usul narkotika ?

Narkotika di temukan tahun 2000 sm di Samaria. Bentuk dan jenisnya masih dari sari opium (candu). Bunga opium biasanya tumbuh subur di daerah dataran tinggi di atas 500 m dari permukaan laut. Sebenarnya narkotika di gunakan dalam dunia kedokteran dan penelitian ilmu pengetahuan,tetapi karena di salahgunakan maka akibatnya menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan fisik maupun mental. Yang menjadi korban pada umumnya adalah generasi muda, generasi yang akan meneruskan perjuangan bangsa kita. Mereka di pilih karena masih labil dalam mengambil keputusan dan masih mencari jati dirinya, umurnya antara 16-25 tahun.

Pengertiannya

Narkotika berasal dari kata narkoum (bahasa yunani). Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang mengakibatkan perubahan kesadaran, hilang rasa, dll.

Jenis-jenisnya

Jenis Narkotika ada 3 golongan :

1. Opoida

2. Kanabis

3. Kokain

  • Golongan opoida (alamiah) berbentuk candu atau getah pohon papever somniterum (morfin,kodein). Heroin adalah Jenis obat terlarang yang sangat keras dengan kadar zat adiktifnya yang tinggi, berbentuk butiran, tepung atau cairan. Obat ini bisa membuat ketagihan si pemakai dan bisa merusak fisik dan mental nama lain dari heroin adalah putaw, ecep, pete.
  • Golongan Kanabis (ganja atau marihuana) diperoleh dari tanaman kanabis sativa, ganja dapat menimbulkan ketergantungan mental yang diikuti oleh kecanduan fisik dalam jangka waktu sangat lama. Bhaya yang ditimbulkan hilang konsentrasi, depresi, halusinasi. Nama lain dari ganja adalah cimeng, gele dan rumput.
  • Golongan Kokain diambil dari pohon koka berbentuk serbuk putih atau tablet, rasanya agakpahit, kalau ditaruh diujung lidah akan terasa tebal. Biasanya kokain digunakan untuk anastesi. Kalau disalahgunakan maka denyut nadi menjadi cepat.

Akibatnya

- Menimbulkan ketergantungan sehingga berkeinginan terus menggunakan

- Pelemahan sistem syaraf-syaraf psiko motorik akibatnya sistem gerak seseorang lamban dan degenerasi ujung-ujung syaraf lebih cepat

- Penumpukan toksin (racun) di dalam hati yang berkepanjangan bisa mengakibatkan penurunan kinerja hati

- Penggunaan dalam waktu berkepanjangan menimbulkan gangguan jiwa

- Peningkatan kejahatan dan tindak kekerasan

- Rentan terhadap penyakit seperti HIV/AIDS dan hepatitis

- Menggejala penyimpangan perilaku anti sosial

Dilihat dari bahaya yang ditimbulkan obat ini (narkotika) sangat berbahaya untuk digunakan. Karena disalahgunakan akibatnya sangat fatal merusak fisik dan mental, menimbulkan gangguan jiwa, merusak masa depan menjadi suram. Jangan sekali-kali mencoba, berawal dari coba-coba jadi tagihan. Maka jauhilah narkotika karena sangat berbahaya.

Saran agar tidak terkena bahaya narkotika :

- Menjauhi teman yang menggunakannya

- Mempertebal imtaq

- Mendekatkan diri kepada Tuhan YME

- Selalu berfikir positif

- Mempunyai prinsip hidup

- Giat berolahraga

- Selalu terbuka jika ada masalah/kesulitan

- Tidak mudah putus asa


PESAN

Sebagai “anak dan cucu” bangsa yang lekat dengan

Ilmu Pengetahuan dan memandang penting arti pendidikan,

Kita bisa menyelamatkan diri,

Dengan selamanya tidak akan menyentuh,

Apalagi mencoba Narkotika


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Narkotika"

Post a Comment