Tuesday, January 26, 2010

Belajar berorganisasi

Sejak awal tahun 2009, banyak poster-poster “caleg” dan “capres” bertebaran di mana-mana. Mereka menempelkan poster-poster tersebut dalam rangka mengampanyekan diri mereka untuk dipilih menjadi wakil rakyat hingga presiden. Jika sudah besar nanti, apakah anda ingin menjadi wakil rakyat hingga presiden? Nggak mudah loh, untuk menjadi pemimpin seperti mereka. Anda perlu belajar berorganisasi sejak kecil agar nantinya tidak menemui kesulitan dalam menjalani tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Dimulai Sejak Dini

Belajar organisasi bisa dimulai sejak dini. Organisasi pertama yang anda kenal adalah lingkungan keluarga. Di dalam lingkungan keluarga inilah, anda belajar berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya. Misalnya saja saat menentukan lokasi liburan bersama. anda bisa mengemukakan pendapatmu, namun bisa saja pendapatmu disanggah oleh anggota keluarga lainnya karena tidak setuju dengan usul lokasi liburan. Di sinilah anda belajar mengemukakan pendapat, bermusyawarah, hingga bernegosiasi.

Tanggung jawabmu sebagai anak di rumah juga patut untuk dikerjakan dengan baik. Tanggung jawab utama yang harus dikerjakan dengan baik adalah belajar. Selain itu, tugas-tugas rumah yang menjadi tanggung jawabmu. Jangan meremehkan tugas-tugas yang ada, loh. Dengan sifat buruk itu, anda akan sulit bertahan dalam suatu organisasi.

Pelajaran Kedua

Setelah belajar berorganisasi di dalam keluarga, anda perlu mencoba organisasi yang ada di lingkungan sekolah. Biasanya saat tahun ajaran baru, selalu ada pemilihan ketua kelas, wakil ketua kelas, bendahara, sekretaris, seksi kebersihan, dan kelompok piket. Di sinilah anda bisa ikut serta, apalagi dengan berbekal pengalaman organisasi kecil di keluargamu. Kalau anda berhasil mendapat salah satu jabatan, anda sudah seharusnya mengemban tugas dengan baik. Kerjakanlah apa yang sudah menjadi tanggung jawabmu. Selain berorganisasi di dalam kelas, anda juga bisa mengikuti ekstrakurikuler yang ada di sekolah, seperti dokter kecil hingga pramuka. Sama halnya organisasi di kelas, pada ekstrakurikuler ini anda bisa juga berlatih berorganisasi.

Manfaat Yang Didapat

Tanpa disadari ternyata banyak manfaat yang didapat dari berorganisasi sejak usia masih muda, loh. Ini nih, beberapa manfaat yang bisa anda peroleh:

1.Meningkatkan keterampilan berkomunikasi
Dengan mengikuti organisasi, sudah pasti anda lebih berani untuk berbicara di depan umum, berani mengemukakan pendapat, hingga adu argumentasi dalam hal yang positif dengan anggota organisasi lainnya.

2.Belajar menjadi pemimpin
Tidak mudah loh, untuk menjadi pemimpin. Di sinilah anda belajar menjadi pemimpin yang baik, bertanggung jawab, serta memerhatikan masalah-masalah yang ada di sekitar mengenai organisasi tersebut. Pengalaman inilah yang akan anda ingat ketika menjadi pemimpin suatu hari nanti.

3.Menambah pengalaman baru
Pengalaman organisasi satu dengan yang lainnya sangat berbeda-beda. Misalnya saja menjadi ketua kelas dan menjadi anggota pramuka mempunyai pengalaman yang jelas berbeda. Pengalaman-pengalaman baru ini dapat memberikan semangat untuk tetap melakukan aktivitas belajar dan berorganisasi.

4.Dapat berkenalan dengan orang-orang baru
Anda bisa berkenalan dengan teman-teman baru. Misalnya anda menjadi anggota pramuka, apabila ada acara jambore, di sini anda bisa berkenalan dengan teman-teman dari sekolah lain.

5.Menjadi bahan pertimbangan saat mencari kerja
Ini adalah manfaat terakhir yang mungkin akan anda rasakan jika dewasa nanti. Biasanya perusahaan akan menanyakan apakah calon pekerjanya pernah mengikuti organisasi. Ini akan menjadi nilai plus bagi calon pekerja tersebut.

Dalam berorganisasi, berbeda pendapat itu adalah hal yang biasa. Dengan perbedaan itulah anda bisa belajar memahami perbedaan-perbedaan yang ada. Anda juga belajar bernegosiasi agar perbedaan pendapat itu bisa menemukan solusi terbaik. Kesulitan-kesulitan yang anda temukan dalam kegiatan berorganisasi adalah bagian dari proses belajar berorganisasi. Apabila anda sudah lulus dari sekolah menengah atas, anda masih tetap bisa berorganisasi, kok. Bahkan, kini ruang lingkupnya jauh lebih besar dari pada saat jenjang sekolah menengah atas.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Belajar berorganisasi"

Post a Comment